Diferensiasi Konten dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Setiap siswa memiliki karakteristik dan kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi diperlukan untuk memenuhi karakteristik dan kebutuhan tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi sendiri dibedakan menjadi empat aspek, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar.

Diferensiasi konten adalah metode pembelajaran dengan cara memberikan materi kepada siswa berdasarkan ketrampilan, profil belajar, dan pengetahuannya, tetapi tetap sejalan dengan kurikulum yang berlaku (Priyono, 2021). Dalam hal ini, guru perlu mengatur jenis informasi yang akan disampaikan dalam pembelajaran serta memetakan kesiapan belajar para siswa. Tidak hanya itu, diferensiasi konten juga memetakan minat siswa terhadap materi pembelajaran tertentu.

Kemudian, apa ciri-ciri dari pembelajaran berdiferensiasi konten? Bagaimana implementasi diferensiasi konten dalam pembelajaran? Dan bagaimana contoh kasus diferensiasi konten dalam pembelajaran?

Mari kita perhatikan infografis mengenai pembelajaran dengan diferensiasi konten berikut ini!




Comments

Popular posts from this blog

Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) dalam Pendidikan Profesi Guru: Membangun Kebhinekaan Personal, Nasional, dan Global untuk Menjadi Sekolah Damai

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Aspek Proses